MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN INOVATIF MELALUI GURU INOVATIF

Guru adalah pekerjaan yang mulia. Guru dapat menjadikan anak didiknya menjadi seseorang yang lebih sukses dari guru itu sendiri. Peran guru sangat krusial, sekalipun tugas guru di era teknologi 4.0 tidak sama seperti zaman terdahulu.  Dulu, guru menjadi satu-satunya sumber belajar dan informasi di sekolah, tetapi peran guru saat ini mengalami perubahan. Guru bukan hanya bertugas mengajar saja, tetapi saat ini peran guru adalah sebagai fasilitator dan pembimbing saat anak didik melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Tugas guru tersebut tidak berarti menjadi lebih mudah, namun perlu keterampilan dan keahlian khusus yang perlu dipelajari.

Untuk memiliki keterampilan dan keahlian menjadi seorang fasilitator dan pembimbing peserta didik saat melakukan proses pembelajaran di sekolah, terlebih dahulu harus memahami berbagai model-model pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat berdampak positif bagi hasil belajar peserta didik. Banyak model pembelajaran yang dapat diterapkan guru, tetapi sebaiknya pilihlah model pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran yang inovatif dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik.

Inovatif artinya memiliki unsur kebaruan. Tujuan adanya pembelajaran yang bersifat inovatif adalah untuk memfasilitasi peserta didik dalam membangun pengetahuannya sendiri dalam rangka proses perubahan perilaku ke arah yang lebih baik sesuai dengan potensi dan perbedaan yang mereka miliki. Dengan menerapkan pembelajaran yang inovatif, bukan hanya peserta didik yang diharapkan memiliki keterampilan proses pembelajaran yang baik, tetapi guru pun akan lebih profesional dan terampil dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru.

Ciri pembelajaran bersifat inovatif adalah berpusat pada peserta didik (student center). Dalam hal ini, peserta didik diposisikan sebagai subjek pembelajaran, artinya peserta didik diberikan kebebasan dan kesempatan seluas-luasnya untuk mengemukakan ide/pendapatnya, berkreativitas, berinteraksi dengan lingkungan dan berkolaborasi dengan sesama peserta didik lain. Peserta didik terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan pengetahuannya.

Ciri pembelajaran inovatif berikutnya adalah guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik. Nah, disinilah perlu keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh seorang guru. Bagaimana seorang guru dapat mengembangkan keterampilannya? Salah satu caranya adalah dengan mengikuti berbagai pelatihan/workshop yang dapat mengembangkan dan mengasah kemampuannya. Guru yang kreatif dan inovatif tidak didapatkan secara instan tetapi perlu proses pembelajaran. Proses tersebut berlangsung secara bertahap dan berkelanjutan.

Ciri pembelajaran inovatif selanjutnya adalah guru menerapkan proses pembelajaran yang lebih kooperatif dan interaktif. Artinya diperlukan keterampilan mengelola kelas dengan baik.  Model pembelajaran yang bersifat inovatif harus melibatkan peserta didik dalam setiap proses pembelajaran. Biasanya peserta didik dibentuk per-kelompok untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang di terapkan oleh guru. Dengan adanya pembagian kelompok, dapat menumbuhkan karakter kerjasama dan gotong royong antar peserta didik, sehingga pembelajaran akan menjadi interaktif.

Untuk menciptakan pembelajaran inovatif selain harus mengetahui ciri-cirinya, seorang guru juga harus menerapkan berbagai model pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran inovatif yang dapat digunakan antara lain Flipped Classroom, Blended Learning, Project Based Learning, Discovery Learning, Games Based Learning, SOLE dan berbagai model pembelajaran lainnya. Setiap model pembelajaran memiliki karakteristik tersendiri dan sebagai guru, harus mampu memilah dan memilih model pembelajaran mana yang paling cocok digunakan.

Salah satu cara untuk menambah kemampuan dan ketarampilan dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif di kelas, adalah dengan mengikuti berbagai pelatihan/workshop pembelajaran. Berbagai macam pelatihan dapat ditemukan dengan mudah hanya dengan memanfaatkan jaringan internet.  Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, banyak pelatihan online bertebaran dimana-mana. Salah satunya adalah platform online learning bersertifikat untuk guru yaitu Hafecs Guruinovatif.id. Berbagai kursus online terkait pembelajaran tersedia di sana. Selain tersedia kursus online, juga tersedia berbagai macam webinar yang sangat menunjang proses pembelajaran dan menambah pengalaman bagi guru.

Kesempatan bagi guru yang ingin mengembangkan karier di bidang pendidikan sangat terbuka lebar, guru belajar mengajar di guruinovatif.id sehingga banyak keuntungan yang dapat diperoleh. Diantaranya, guru dapat melatih kemampuan dirinya sendiri di bidang Pedagogical Content Knowladge (PCK). Pedagogical Knowladge berkaitan dengan kemampuan seorang guru dalam hal penguasaan tentang teori dan praktik dalam perencanaan pembelajaran serta penguasaan proses sampai evaluasi pembelajaran. Sedangkan Content Knowladge berkaitan dengan kemampuan guru tentang penguasaan terhadap materi pelajaran sesuai dengan bidang kajiannya yang akan diajarkan pada peserta didik. Dengan belajar mengajar di guruinovatif.id kemampuan guru tidak hanya sekedar menguasai teori dan praktik pembelajarannya saja, tetapi juga menguasai materi pelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didiknya, sehingga guru akan lebih professional. Guruinovatif.id merupakan Tempat Belajar Guru yang sangat kompeten dan berpengalaman, karena telah dipercaya oleh guru dan pegiat pendidikan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Manfaat lain belajar mengajar di gurunovatif.id adalah dapat dilatih oleh trainer yang berpengalaman. Biasanya setelah memilih salah satu kegiatan pelatihan, guru di hadapkan pada video yang wajib di simak secara online. Video tersebut harus di simak secara berurutan. Terdapat fitur diskusi yang langsung di pandu oleh trainer yang berpengalaman dan profesional di bidangnya, sehingga jika kita mengalami kesulitan maka akan dibantu oleh trainer tersebut. Selanjutnya, dengan belajar mengajar di guruinovatif.id, guru akan mendapatkan sertifikat online baik mengikuti pelatihan/workshop ataupun hanya webinar saja. Biasanya sertifikat menjadi sesuatu yang sangat bernilai bagi seorang guru, khususnya bagi pegawai negeri sipil (PNS), karena dapat membantu dalam persyaratan kenaikan pangkat. Dengan melakukan kegiatan sertifikasi guru pada guruinovatif.id kita dapat memilih berbagai pelatihan yang tersedia di sana.


Keuntungan lainnya adalah kemudahan dalam belajar. Untuk mengikuti serangkaian program seperti pelatihan/workshop dan webinar, guru hanya cukup mendaftarkan dirinya melalui pelatihan guru di guruinovatif.id. Setelah terdaftar dan memiliki akun guruinovatif.id, kita dapat memilih kursus/webinar yang tersedia disana, baik yang berbayar maupun free. Adapun cara belajar di guruinovatif.id memiliki 5 langkah, antara lain yang pertama membuat akun, kemudian yang kedua memilih kursus/kelas, yang ketiga jika kita memilih kursus yang berbayar, maka diarahkan untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu, selanjutnya tahap yang ke-empat adalah mulai melakukan kegiatan kursus dan tahap terakhir adalah kita akan mendapatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan misalnya sertifikat, e-modul, dan fasilitas lainnya berdasarkan kursus/webinar yang diikuti.

Dalam platform guruinovatif.id terdapat 4 program pelatihan yang dapat bapak/ibu guru ikuti. Ke-empat program tersebut adalah Online Certification, Mini Course, Productivity Course dan ISLTF (Innovation School Leaders and Teachers). Perbedaan ke empat program pelatihan tersebut antara lain:

1.    Online Certification: Program ini memiliki ketentuan investasi mulai dari Rp.65.000, berlangsung secara tidak langsung, peserta akan mendapatkan sertifikat kursus 32 JP, video yang akan di simak berkualitas FHD, peserta akan mendapat materi belajar dan durasi minimal 2 jam.

2.  Mini Course: Investasi mulai Rp. 25.000 per kursus, berlangsung secara tidak langsung, mendapatkan sertifikat kursus 16 JP, video berkualitas FHD, dapat materi belajar dan durasi minimal 30 menit.



3.   Productivity Course: Diberikan secara gratis, berlangsung secara tidak langsung, peserta akan mendapatkan sertifikat kursus 4 JP, video berkualitas FHD, peserta mendapat materi belajar dan durasi minimal 10 menit.


4.    ISLTF: Diberikan secara gratis (free) dan ada yang memiliki tingkat VVIP, berlangsung secara tidak langsung, mendapatkan sertifikat kursus 4 JP, video berkualitas FHD, peserta mendapat materi belajar dan durasi minimal 60 menit.


Guru professional tidak hanya sekedar mempu menyampaikan materi saja kepada peserta didik, tetapi guru harus terus meng-upgrade dirinya agar dapat melakukan proses pembelajaran yang bersifat inovatif. Agar dapat menciptakan pembelajaran inovatif maka guru harus mulai membiasakan diri melatih dirinya sendiri dengan cara mengikuti berbagai pelatihan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Dengan menciptakan pembelajaran inovatif di kelasnya, diharapkan kualitas pembelajaran meningkat dan pemahaman  peserta didik pun akan lebih baik lagi.

Terimakasih.

Salam guru inovatif.

Heryanah, M.Pd

Guru IPA SMPN 3 Cikeusal Kabupaten Serang


Bukti Lulus Copyscape

0 Komentar