PEMANFAATAN LABORATORIUM MAYA RUMAH BELAJAR PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN KELAS 8 SMP (SAHABAT RUMAH BELAJAR BERBAGI SESI 8)

Assalamualaikum wr wb.

Hai sahabat, bertemu lagi nih, dengan saya Heryanah, M.Pd salah satu sahabat rumah belajar tahun 2020 Provinsi Banten. Saat ini saya sedang melakukan berbagai kegiatan berbagi untuk mensosialisasikan terkait inovasi pembelajaran dan pemanfaatan fitur-fitur rumah belajar.

Pada hari Senin, tanggal 12 Oktober 2020 mulai pukul 08.00 WIB, saya telah melaksanakan sosialisasi di sekolah saya sendiri yaitu SMPN 3 Cikeusal Kabupaten Serang. Kali ini, sasarannya adalah peserta didik kelas 8A, 8B dan 8C karena bertepatan dengan jadwal kunjungan kelasnya. Biasanya kelas-kelas yang mendapat giliran jadwal kunjungan, ditugaskan untuk mengumpulkan tugas ke guru mata pelajaran untuk di koreksi dan membersihkan lingkungan sekolah. Tapi, kali ini selain melaksanakan kegiatan rutin tersebut, peserta didik juga diarahkan untuk memasuki satu ruangan karena saya akan melakukan sosialisasi tentang “Pemanfaatan Laboratorium Maya Rumah Belajar pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas 8 SMP”.

Kegiatan dimulai dengan menjelaskan cara membuka portal rumah belajar melalui PC/laptop. Caranya adalah cukup mengetikan alamat https://belajar.kemdikbud.go.id/ pada browser. Setelah terbuka, saya jelaskan berbagai fitur di rumah belajar, dimulai dari fitur utama, hingga fitur pendukung. Penjelasan lebih mendalam yaitu pada fitur Laboratorium Maya. Peserta didik memperhatikan penjelasan tentang cara melakukan simulasi praktikum secara virtual melalui laboratorium maya. Penggunaan portal rumah belajar pada smartphone (HP) sudah mereka ketahui, karena selama kegiatan belajar dari rumah (BDR), saya telah menugaskan peserta didik untuk menginstal aplikasi rumah belajar melalui playstore dan mempelajari berbagai fitur-fitur rumah belajar sesuai dengan arahan yang diberikan.


Pada materi jaringan tumbuhan, untuk mencari struktur, ciri serta fungsi setiap organ dan jaringan tumbuhan, caranya sangat mudah, hanya cukup meng-klik nama jaringan atau organ yang diinginkan, setalah itu secara otomatis langsung dapat terlihat. Selain peserta didik melakukan simulasi praktikum di laboratorium maya, mereka juga dapat melihat teori jaringan tumbuhan dan mengunduhnya.

Pada bagian akhir, untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah memahami materi tentang jaringan tumbuhan, saya mengajak peserta didik untuk bermain games menggunakan aplikasi Quizizz. Saya menyiapkan 10 pertanyaan berkaitan dengan materi jaringan tumbuhan, peserta didik saling berlomba mendapatkan nilai tertinggi. Tiga peserta didik terbaik mendapatkan doorprize yang telah saya siapkan. Untuk peringkat 1 diraih oleh Diana, Peringkat 2 diraih oleh Rohayati dan peringkat 3 diraih oleh Alan. Selamat kepada ketiga pemenang. Bagi peserta didik lain yang masih belum mendapatkan nilai yang memuaskan, tidak perlu berkecil hati, tetap semangat dan rajin belajar. Gunakan portal rumah belajar untuk menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah. Dengan rumah belajar, kita dapat belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

 







Terimakasih

Salam Rumah Belajar

Wassalamualaikum wr wb.


Dokumentasi Kegiata Berbagi Sesi 8:

 








Dokumentasi Screenshoot Media Sosial (Facebook):






Presensi Kehadiran Siswa: 



Sahabat Rumah Belajar 2020 Provinsi Banten

Heryanah, M.Pd

0 Komentar